Nov 23, 2010

Roots of asia





60% dari penduduk dunia tinggal di benua asia,, bagaimna awal penyebaran penduduknya sehingga melahirkan suku-suku bangsa asia? Let’s see…


Afrika : Menurut National Geographic the project ogf genographic yang mempelajari tentang penyebaran manusia di bumi,bangsa afrika adalah nenek moyang dari seluruh bangsa di dunia. Karena iklim yang buruk dan dataran gurun yang terus meluas,100 ribu tahun yang lalu mereka mulai berimigrasi ke benua lain seperti Amerika,Eropa, Australia dan Asia. Para peneliti menamakan ini sebagai teori Out Of Africa yang di kenal sebagai awal terbentuknya populasi bumi.

Asia Barat      : Manusia purba afrika yang berimigrasi ada yang melakukan perjalanan ke kawasan Asia Barat (Irak, Iran, Arab Saudi dsb) melalui Asia Tengah ( Uzbekistan,Kirgistan,dsb). Dari sini sebagian besar dari mereka terpecah dua.  Ada yang tetap di  Asia Tengah dan ada yang menuju Asia Selatan (India, Srilanka, Pakistan).  Tapi ada juga yang bergerak ke Asia Timur (Cina, Korea ,Jepang) dan Asia Tenggara ( Indonesia, Malaysia, Thailand)


Asia Tengah  : Kawasa Asia Timur melahirkan bangsa Mongol yang melakukan serangan besar-besaran untu memperluas wilayah kekuasaannya di Asia. Salah satu daerah jajahannya adalah Asia Tengah yang peenduduknya langsung berimigrasi ke asia Tenggara karena merasa terancam. Perpindahan penduduk tersebut terjadi kedalam beberapa gelombang. Gelombang pertama berlangsung sekitar tahun 2000SM. Gelombang berikutnya sekitar tahun 500SM. Perpindahan kedua ini dilakukan oleh bangsa Deutro Melayu (Melayu Muda) dengan perahu bercadik. Bangsa Deutro Melayu inilah yang menjadi nenek moyang bangsa Indonesia.


Asia Timur     :  penduduk asia Timur kebanyakan berasal dari Afrika yang bergerak ke Asia Barat,lalu pindah ke Asia Selatan (India) dan kemudian berimigrasi lahi ke Asia Tenggara sekita 30-40 ribu tahun yang lalu. Dari Asia Tenggara, barulah mereka melanjutkan perjalanan ke Asia Timur dan kemudian menetap sampai akhirnya melahirkan bangsa Mongoloid yang menguasai kawasan ini.



Asia Tenggara          : kabarnya inilah lokasi bersama nenek moyang bangsa Asia. Penelitian para arkeolog membuktikan, gelombang migrasi dari Afrika bergerak paling banyak ke kawasan ini. Mereka mebentuk populasi di sebagian besar wilayah di Indonesia dan Filipina. Dari kawasan ini barulah banyak yang menyebar ke kawasan Asia lainya.



Australia: beberapa bangsa Asia juga mempunyai nenek moyang dari kawasan Australia. Diantaranya adalah beberapa ras di India dan Srilanka, kaum Negrito di Filipina dan suku papua di Indonesia.

No comments:

Post a Comment