Nov 2, 2010

Pancasila Sebagai Ideologi Nasional


A.Pengertian Asal Mula Pancasila

  1. Asal Mula yang Langsung:
a)     Asal mula bahan (kaus materialis)

Bangsa Indonesia sebagai asal dari nilai-nilai Pancasila  sehingga pancasila itu pada hakikatnya nilai-niali yang merupakan hasil dari bangsa Indonesia itu sendiri yang berupa adapt istiadat, kebudayaan serta nilai-nilai religius.

b)     Asal mula bentuk (kausa Formalis)
Bagaiman asal mula pancasila di rumuskan sebagai,mana termuat dalam UUD 1945.

c)     Asal mula Karya  (kausa effiesien)
asal mula yang  menjadikan pancasila dari calon dasar menjadi dasar Negara yang sah.

d)     asal mula tujuan (kausa finalis)

pancasila dirumuskan dengan tujuannya untuk di jadikan dasar Negara.

  1. Asal Mula Tidak langsung
-          Unsur-unsur Pancasila tersebut sebelum secara langsung dirumuskan telah ada dan tercermin dalam kehidupan sehari-hari
-          Nilai-niali tersebut terkandung dalam pandangan hidup masyarakat
-          Pada hakikatnya asal mula tidak langsung pancasila adalah bangsa Indonesia itu sendiri.



3, Bangsa Indonesia ber-Pancasila dalam ‘Tri Prakara”

-          pancasila asas kebudayaan
-          pancasila asas religius
-          pancasila asa kenegaraan

B. Kedudukan dan Fungsi Pancasila

1.Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Transformasi pandangan hidup masyarakat menjadi pandangan hidup bangsa dan akhirnya menjadi dasar Negara ini terjadi pada pancasila. Pancasila sebagai pandangan hidup terkandung di dalamnya konsepsi dasar mengenai kehidupan yang di cita-citakan.

2.Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia

Pancasila merupakan suatu nilai dasar serta norma untuk mengatur pemerintahan Negara. Seluruh pelaksanaan dan penyelenggaraan Negara terutama segala peraturan perundang-undangan termasuk proses reformasi segala bidang di jabarkan dari nilai-nilai pancasila.

  1. Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia

Pancasila bukan hanya hasil perenungan atas pemikiran seseorang atau sekelompok orang saja,namun pancasila di angkat dari nilai-nilai adat istiadat, nilai religius dan kebudayaan yang terdapat di masyarakat Indonesia. Pada hakikatnya pancasila untuk seluruh lapisan serta unsure-unsur bangsa secara komperhensif.

-Pancasila sebagai ideology yang Reformatif, Dinamis dan Terbuka

Pancasila tidak bersifat kaku dan tertutup namun reformatif,dinamis dan terbuka. Hal ini di maksudkan bahwa pancasila bersifat actual, dinamis dan senantiasa menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan IPTEK tanpa mengubah nilai-nilai dasar yang terkandung didalamnya.

C. Perbandingan Ideologi Pancasila dengan Paham Ideologi Besar Lainya di Dunia

  1. Paham Negara Persatuan

Hakikat Negara persatuan dalam pengertian ini adalah Negara merupakan suatu kesauan dari unsure-unsur yang membentuknya, yaitu yang terdiri atas berbagai macam suku,golongan,kebudayaan serta agama. “Bhinneka Tunggal Ika”.




  1. Paham Negara Kebangsaan

  1. Hakikat Bangsa
Suatu penjelmaan dari sifat kodrat manusia dalam merealisasikan harkat dan martabat kemanusiaan.

  1. Teori Kebangsaan
-          Negara Kebangsaan Pancasil
Unsure-unsur yang membentuk nasionalisme adalah sebagai berikut:
(1)   kesatuan sejarah
(2)   kesatuan nasib
(3)   kesatuan kebudayaan
(4)   kesatuan wilayah
(5)   kesatuan asas kerokhanian

  1. Paham Negara Integralistik
Paham integralistik memberikan suatu unsure prinsip bahwa Negara adalah suatu kesatuan integral dari unsure-unsur yang menyusunya,Negara mengatasi semua golongan yang menbentuk Negara menjadi kesatuan organis yang integral  yang setiap anggota,bagian,laoisan,kelompok yang satu dnegan lainya saling berhubungan erat.

  1. Negara Pancasila adalah Negara Kebangsaan Yang Berketuhanan Yang Maha Esa
Secara ilmiah filosofis mengadung kesesuaian sebab akibat antara Tuhan, Manusia dan Negara. Adapun hakikat tuhan adalah sebagai causa prima (sebab pertama). Adapun manusia di ciptakan sebagai mahluk Tuhan. Hubungan dengan Negara adalah adalah hubungan sebab akibat langsung karena negar merupakan kembaga kemanusiaan,lembaga kemasyarakatan yang di bentuk oleh manusia dengan tujuan untu manusia.

  1. Negara Pancasila Adalah Negara Kebangsaan Yang Berkemanusiaan yang Adill dan Beradab
Kebangsaan Indonesia yang berdasar pada Pancasila mengakui kebangsaan yang kemanusiaan. Bangsa Indonesia mengakui bahwa bangsa adalah sebagai penjelmaan kodrat manusia sebagai mahluk individu dan social, dam bangsa Indonesia mengakui bahwa bangsa Indonesia sebagain dari umat manusia.

  1. Negara Pancasila adalah Negara kebangsaan Yang Berkerakyatan.
Kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat dalam sistem kenegaraan oleh suatu Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Negara yang berkedaulatan rakyat adalah Negara demokrasi.






  1. Negara Indonesia adalah Negara Kebangsaan Yang Berkeadilan Sosial

Berarti bahwa Negara sebagai penjelmaan manusia sebagai mahluk Tuhan Yang Maha Indonesia,sifat kodrat individu dan mahkluk social bertujuan untuk mewujudkan suatu keadilan dalam hidup bersama (keadilan social) yag di dasari dan di jiwai oleh hakikat keadilan manusia sebagai mahluk yang beadab. Nega Indonesia sebagai kebangsaan adalah berkeadilan dalam mensejahtrakan rakyatnya, demikian pula dalam pergaulan masyarakat internasional berprinsip pada kemerdekaan serta keadilan dalam hidup masyarakat.

No comments:

Post a Comment