Oct 14, 2011

Membiasakan Menulis Pada Usia Dini

Topik: Menulis adalah proses bernalar


Judul: Membiasakan menulis pada usia dini
i
Tujuan: - Meningkatkan Ide dan Kreatifita


        - Membantu Mengambangkan Proses Berfikir sedini mungkin
            
         - Mengembangkan wawasan






Masa usia dini adalah masa awal periode yang penting dan mendasar untuk perkembangan pada manusia. Pada masa keemeasan ini merupakan periode keemasan karena tumbuh kembang berjalan dengan cepat,oleh karena itu pada masa ini merupakan masa untuk meletakan dasar pertama dalam mengembangkan potensi fisik,intelektual,sosial,emosional dan moral spiritual.

 Setiap anak adalah seorang seniman. Maka untuk menjadikan mereka "seniman bahasa" maka orang tua harus semanjak dini membiasakan anaknya untuk menulis. Untuk masa awal perkenalan, anak bisa di kenalkan dengan buku-buku cerita bergambar atau dongeng. orangtua juga bisa langsung menceritakan kisah-kisah yang menarik untuk si anak. 




Biasakan juga anak untuk menghabiskan waktunya pada buku bacaan tersebut sehingga imajinasinya berkembang dan membantu untuk proses berpikir. dengan hal itu sudah barang tentu kemampuan dalam menyerap tatanan bahasa yang di sajikan serta logika menjadi berkembang dengan pesat. sehingga, anak tertantang untuk membuat cerita hal yang serupa tentu dengan versi yang berbeda.




Setiap anak yang mempunyai bakat beragam itu pasti mampu  menulis. Karena tidak selamanya hanya yang mempunyai bakat menulis yang dapat menjadi penulis. Misalnya menulis bisa dilakukan di Diary,pancing anak untuk menceritakan kejadian apa yang sudah terjadi padanya di hari tersebut atau sekedar menceritakan saat-saat liburan tiba.







Maka dengan menulis anak tersebut menjadi ingin terus membaca dan membaca serta mencari hal-hal baru ke arah yang positif ketimbang menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain games atau duduk berlama-lama di depan televisi atau komputer yang justru malah akan memberikan dampak negatif.




No comments:

Post a Comment